Headlines News :
Home » » Presiden SBY Bayar Zakat

Presiden SBY Bayar Zakat

Written By Unknown on Minggu, 12 Agustus 2012 | 01.40

NewsPaper - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemarin (1/8) menunaikan kewajibannya sebagai muslim, yakni membayar zakat. Zakat fi trah Rp 1.400.000 dan zakat mal (harta dan penghasilan) Rp 20.400.000 diserahkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Kantor Presiden. Ketua Baznas Didin Hafi dhuddin mengungkapkan, zakat fi trah tersebut dikeluarkan SBY untuk 19 jiwa.
Perinciannya, zakat untuk SBY dan keluarga serta orang dekat yang menjadi tanggungannya. ”Jumlah (zakat) tersebut sama dengan tahun lalu dengan dibulatkan ke atas,” kata Didin setelah bertemu dengan SBY. Dalam kesempatan tersebut, Didin juga melaporkan kondisi zakat nasional kepada presiden. Dia menuturkan, ada tren kecenderungan pembayaran zakat kepada Baznas meningkat dari tahun ke tahun.
Pada 2011, misalnya, jumlah pengumpulan zakat sebesar Rp 1,73 triliun. Pada 2010, tercatat Rp 1,5 triliun atau naik sekitar 15,33 persen. ”Ini adalah dampak sosialisasi yang dilakukan secara simultan,” katanya. Kenaikan tersebut juga dampak dari kerja sama dengan BUMN dalam penghimpunan zakat. Antara lain, Pertamina, Bank Mandiri, BNI, dan BRI.
Presiden, lanjut dia, menyambut gembira perkembangan tersebut dan mendorong dilakukan sosialisasi serta penyaluran zakat yang tepat sasaran. ”Apabila zakat sudah disalurkan dengan baik, maka Baznas itu akan berperan lagi untuk memberantas kemikinan,” kata Didin. Presiden juga meminta Baznas bekerja sama dengan Kemendikbud dan Kemenag agar tidak ada tumpang tindih program.
Didin mengungkapkan, berdasar penelitian Baznas, potensi zakat nasional mencapai Rp 217 triliun. Namun, yang tercatat baru Rp 1,3 triliun. Menurut Didin, hal itu disebabkan masyarakat lebih sering menyalurkan zakatnya secara langsung kepada yang berhak.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : A.R. BLOG | Alfan Roziqi | Ilmu Komunikasi
Copyright © 2011. NewsPaper - All Rights Reserved
Template Created by ALFAN ROZIQI Published by TRUNOJOYO UNIVERSITY
Proudly powered by Blogger